Halaman

Selasa, 22 Mei 2018

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Artinya

Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Artinya - Di antara kebaikan untuk orang sakit selain menengoknya adalah juga berdoa kepada Allah Ta’ala Yang Maha Menyembuhkan dari segala macam penyakit. Disunnahkan juga bagi orang yang mengunjungi orang sakit untuk (memberikan ucapan-ucapan yang bisa) mendatangkan ketenangan, meringankan beban penyakit yang dideritanya, bias mengingatkan akan pahala dari Allah ‘Azza wa Jalla dan mengingatkan bahwa penyakit itu bias menjadi penghapus dosa.

Diantara adab saat mengunjungi orang sakit adalah:
  1. Memilih waktu yang cocok bagi orang yang sakit, karena tujuan menjenguknya adalah untuk memberikan rasa senang bukan menyusahkan.
  2. Duduk di dekat kepalanya sembari membaca doa yang ketiga di atas sebanyak tujuh kali[i]
  3. Meletakkan telapak tangan pada tubuh orang yang sakit saat mendoakannya.
  4. Menasehati orang yang sakit agar memperbanyak doa.
Berikut ini doa Bacaan Doa Untuk Orang Sakit Arab dan Artinya yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta kesembuhan tatkala ditimpa musibah sakit.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya.  Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِه وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

( Allahumma rabbanasi adzhibil ba’sa wasy fihu. Wa antas Syaafi, laa syifaa-a illa syifaauka, syifaa-an laa yughadiru saqomaa )

"Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”  (HR Bukhari dan Musli

Doa diatas adalah doa yang sesuai dan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatnya. Sehingga sangat dianjurkan untuk membacanya ketika mengunjungi orang sakit. Dengan doa ini kita berharap semoga orang yang sakit tadi segera disembuhkan penyakitnya Oleh Allah SWt seperti sediakala. Aamin.
Facebook Twitter Google+
Back To Top