Halaman

Minggu, 20 Mei 2018

Bacaan Doa Sahur & Niat Buka Puasa Bulan Ramadhan

Doa Sahur dan Berbuka Puasa yang Shahih  - Syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT. karena pada kesempatan kali ini, saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan artikel ini. Tak lupa Shalawat dan salam atas Rasulullah SAW. keluarga dan para sahabatnya. Kali ini saya akan membahas artikel tentang Doa berbuka puasa yang Shahih. Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih pada para pembaca yang telah setia mengikuti dan menjadi pembaca setia artikel-artikel menarik yang ada di ArenaBerbagi.Com. langsung saja kita masuk ke pokok pembahasan. Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Berbuka puasa merupakan saat-saat yang membahagiakan bagi kaum muslimin. lapar dan haus pun terobati ketika kita berbuka puasa. Namun, di tengah kesenangan itu janganlah lupa akan tuntunan dalam menyantap hidangan berbuka, yaitu dzikir atau doa.
"...Bagi orang yang berpuasa dianjurkan untuk banyak berdoa di tengah-tengah pelaksanaan shiyamnya dan saat berbuka...

Sesungguhnya waktu berbuka adalah tempat dikabulkannya doa, karena saat usai melaksanakan puasa, yang saat itu seseorang dalam kondisi yang sangat lemah, di tambah hati yang lembut, akan lebih menguatkan untuk datang dan berharap kepada Allah 'Azza wa Jalla. Sementara doa sesudah selesai melaksanakan ibadah memiliki kedudukan agung dalam timbangan syariat, seperti doa setelah melaksanakan shalat lima waktu dan ibadah haji. Sangat dianjurkan saat akan menyentap hidangan berbuka hendaknya membaca basmalah (bismillah). Dzikir tersebut didasarkan pada hadits Umar bin Abi Salamah yang berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda kepadanya : "Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu." (HR Bukhari no. 4957 dan Muslim no. 3767 dari Maktabah Syamilah)

Dan juga hadits Aisyah radliyallah 'anha, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca "bismillah"." (HR. al Tirmidzi dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh al Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 1513)

Doa lainnya yang dibaca saat berbuka antara lain,
"Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa, dan atas Rizki-Mu aku berbuka." (HR. Abu Dawud dari Mu'adz bin Zuhrah, no. 2011 dari Maktabah Syamilah. Ibnu Sunni juga mengeluarkannya dalam kitabnya “Amalul Yaumi wal Lailah” dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu no:481, dan Abu Dawud no: 2358 dan dalam sanadnya ada Abdul Malik bin Harun bin Antarah dilemahkan oleh Imam Ahmad dan Ad-Daruquthni. Dan beliau berkata: Yahya berkata: demikianlah dia. Abu Hatim berkata: dia matruk (ditinggalkan). Ibnu Qayyim berkata dalam Zadul Ma’ad 2/51: hadits ini tidak benar)

Dari penjelasan diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa intinya berdoalah kepada Allah 'Azza wa Jalla pada saat berbuka sesuai hajat yang dikehendakinya. Seperti, meminta surga dan berlindung dari neraka, beristighfar (memohon ampunan), dikuatkan imannya, dilapangkan rizki dan doa-doa yang lainnya.

"Telah hilang rasa dahaga, dan dan telah basah kerongkongan, serta telah tetap pahala insya Allah."

Doa Sahur dan Berbuka Puasa

Adapun bacaan niat dan sahur bulan ramdhan adalah sebagai berikut.
Do'a niat puasa bulan Ramadhan:

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالى

"nawaitu saumagadin an'adai fardi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita'ala" 

untuk bacaan niat buka puasa bulan Ramadhan:

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahummalakasumtu wabika aamantu wa'alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin"
Facebook Twitter Google+
Back To Top