Prosedur Pengajuan NPSN dan Pengertian NPSN

NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) adalah kode pengenal sekolah yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Penerapan kode pengenal sekolah selama ini masih belum ada standar yang baku. Aturan penyusunan kode pengenal sekolah antar satu propinsi bisa berbeda dengan propinsi yang lain. Dengan mekanisme pemberian kode pengenal sekolah yang tidak baku secara nasional, maka rentan akan terjadinya data sekolah ganda yang pada akhirnya tidak mampu menjadi pembeda utama bagi sekolah-sekolah di Indonesia.

Akibat dari tidak adanya standarisasi ini, muncul kesulitan dalam proses manajemen pengeolaan data sekolah dalam skala nasional. Karena itu dirasa sangat penting untuk melakukan standarisasi kodifikasi yang diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Dengan standarisasi ini, NPSN akan benar-benar bersifat unik dan menjadi pembeda utama antar satu sekolah dengan sekolah lainnya di seluruh Indonesia.


Prosedur Pengajuan NPSN
Untuk Sekolah
Kelengkapan:
1.Formulir Pengajuan NPSN - Dapat diunduh pada Menu UNDUHAN dilink ini (http://npsn.data.kemdiknas.go.id/?cont=unduh)
2.SK Pendirian Sekolah
3.SK Operasional Sekolah
#.Sekolah memberikan kelengkapan tersebut kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.
#.Dinas memberikan hasil scan formulir dan SK kepada PDSP melalui email.
(Dengan catatan: Dinas Pendidikan Kab/Kota Setempat sudah aktif sebagai Admin).
#.Setelah PDSP menerima email dari Dinas maka PDSP akan memberikan NPSN baru kepada Dinas melalui email kembali.
#.Jika Dinas belum aktif sebagai Admin maka formulir dan SK tersebut dapat dikirimkan ke email: npsn_pdsp@yahoo.co.id dengan sepengetahuan dari Dinas Pendidikan Kab/Kota (Surat Keterangan dari Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat)
Untuk Dinas Pendidikan Kab/Kota
#.Semua Formulir Pengajuan NPSN, SK Pendirian Sekolah, SK Operasional Sekolah dari masing-masing sekolah dikumpulkan di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Dinas menyerahkan rekap daftar sekolah yang mengajukan NPSN dalam Format Excel (Dapat diunduh pada Menu UNDUHAN) kepada PDSP melalui email.
#.Setelah PDSP menerima email dari dinas maka PDSP akan memberikan NPSN baru kepada Dinas melalui email kembali.
Kirim pengajuan NPSN ke:
npsn_pdsp@yahoo.co.id

| Prosedur Pengajuan NPSN dan Pengertian NPSN - adalah kode pengenal sekolah yang bersifat unik