Ciri Ciri Burung Kacamata Jantan dan Betina

Ciri Ciri Burung Kacamata Jantan dan Betina - Untuk para pecinta burung mania yang sudah sangat  berpengalaman mungkin akan sangat mudah mengenali ciri-ciri burung kacamata yang berjenis kelamin jantan dan betina, namun bagi kita yang masih newbie dalam hal burung sungguh bukan merupakan suatu pekerjaan  yang mudah untuk bisa mengetahui jenis kelamin burung itu burung berkelamin jantan atau betina. syukur kalau burung yang kita pilih jantan tapi, jika kita salah burung, bisa saja kejadian ini terjadi ketika kita sudah merawat burung dengan sangat apik burung yang kita rawat sehari-hari akan tetapi tak kunjung berbunyi dan eh ternyata burung itu berkelamin betina.


Menurut dari beberapa sumber,orang orang pecinta burung, baik pedagang burung maupun para kicau mania untuk bisa mengenali burung kaca mata jantan dari tebal kaca matanya, paruhnya, atau bulu ekornya.

Akan tetapi ada kabar terbaru yang menyebutkan bahwa burung kacamata jantan memiliki ciri fisik yang dominan atau cenderung lebih kecil dari pada betina.

Pada prinsipnya setiap pecinta burung memiliki cara sendiri-sendiri untuk bisa melihat jenis kelamin burung baik itu yang jantan ataupun yang betina.Masing masing mempunyai cara yang khusus yang mereka pakai untuk bisa memilih burung dengan jenis kelamin jantan ataupun betina yang mungkin tidak sama antar pecinta burung lainnya.

Nah sedikit tips yang banyak direkomendasikan khususnya untuk mengetahui burung kacamata itu berjenis kelamin jantan atau betina disini ada sedikit tips. 

Perbedaan Betina dan Jantan : 

  1. Pleci Jantan mempunyai lingkar mata yang lebih tebal dan tajam 
  2. Paruhnya Pleci Jantan Biasanya lebih panjang dan agak tebal
  3. Kacamata Jantan Ekor lebih panjang dan berbentuk ” V ”2. 
  4. Pleci Jantan warna hijaunya lebih tajam 
  5. Memiliki Kepala Kesar lebih besar dari pada Pleci Betina
  6. Postur badan Pleci Jantan lebih panjang proporsional
  7. Bisa juga di lihat kloaka/duburnya dengan cara di tiup kalau lebih menonjol berarti jantan.
  8. Biasanya Postur badan Pleci Betina Cenderung berbentuk bulat
  9. Paruh Pleci Betina umumnya lebih pendek dan tipis.
  10. Kepalanya lebih kecil untuk pleci betina

itulah sedikit ulasan tentang Ciri Ciri Burung Kacamata Jantan dan Betina